Author : Muliani Samiri
Abstrak:
Latar belakang penelitian ini belum terciptanya keadilan dan persamaan.
Pelayanan publik pada sektor kesehatan belum optimal ditandai dengan rumitnya
prosedur yang dialami, keluhan masyarakat yang masih tinggi. Penelitian ini
bertujuan untuk memahami pengaruh perilaku birokrasi terhadap diskriminasi
pelanyanan, fakto-faktor yang mempengaruhi perilaku birokrasi terhadap
diskriminasi pelayanan kesehatan di Puskesmas manisa kecamatan Baranti
kebupaten Sdenreng Rappang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu
terlaksananya pelayanan yang ramah, baik, dan tidak diskriminatif, meningkatkan
pelayanan publik yang baik dan benar dan adil, meningkatkan kualitas pengambilan
keputusan, mencegah penyalagunaan wewenang. Penelitian ini menggunakan tipe
deskriftif kuantitatif dengan tabel persentase. Dengan teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, kuisioner, studi pustaka. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perilaku birokrasi terhadap diskriminasi pelayanan di
Puskesmas Manisa sangat berpengaruh yang dapat menimbulkan terjadinya
diskriminasi yaitu pada perilaku berokrasi itu sendiri sangat berpengaruh 96,86 %,
hierarki kewenangan 98,51 % sangat berpengaruh, personaisasi 99,62 % sangat
bepengaruh dan yang menjadi faktor-faktor perilaku organisasi yaitu (individu,
kelompok, struktur).98,14 % sangat berpengaruh.