Author : Herman Dema
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata kelola pemerintahan Desa Bina Baru Kecamatan Kulo
berbasis E-Government dalam meningkatkan pelayanan publik di Era Industri 4.0 dan untuk
mengetahui faktor-faktor penghambat pelayanan publik berbasis E-Government Era Industri 4.0 di
Desa Bina Baru Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi penelitian sebanyak 329
orang/jiwa dan sampel sebanyak 49 orang/jiwa. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu
purpossive sampling. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, penelitian pustaka (library research), kuesioner atau angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data berupa statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
tata kelola pemerintahan berbasis E-Government 66% “baik”, ditinjau dari mengembangkan sistem
pelayanan yang handal 69?ik, menata proses kerja pemerintah 70?ik, memanfaatkan
teknologi informasi secara optimal 62?ik, mengembangkan kapasitas sumber daya manusia
64?ik. Pelayanan publik 67% “baik”, ditinjau dari tersedianya sarana prasarana yang baik 71?ik, bertanggung jawab kepada setiap konsumen sejak awal hingga akhir 66?ik, mampu
melayani secara cepat 58% kurang baik, mampu melayani secara tepat 66?ik, mampu
berkomunikasi 76?ik. Faktor yang menghambat pelayanan publik yaitu kesadaran 64?rpengaruh, aturan 65?rpengaruh, organisasi 60% kurang berpengaruh, pendapatan 63?rpengaruh, keterampilan petugas 62?rpengaruh, faktor sarana 86% sangat berpengaruh.