Research Repository


TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA BINA BARU BERBASIS E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI ERA INDUSTRI 4.0

Author : Herman Dema



View / Open
TURNITIN RESULT'S
PEER REVIEW

Date:
21-10-2023

Author:
Herman Dema

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata kelola pemerintahan Desa Bina Baru Kecamatan Kulo berbasis E-Government dalam meningkatkan pelayanan publik di Era Industri 4.0 dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pelayanan publik berbasis E-Government Era Industri 4.0 di Desa Bina Baru Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi penelitian sebanyak 329 orang/jiwa dan sampel sebanyak 49 orang/jiwa. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu purpossive sampling. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, penelitian pustaka (library research), kuesioner atau angket dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata kelola pemerintahan berbasis E-Government 66% “baik”, ditinjau dari mengembangkan sistem pelayanan yang handal 69?ik, menata proses kerja pemerintah 70?ik, memanfaatkan teknologi informasi secara optimal 62?ik, mengembangkan kapasitas sumber daya manusia 64?ik. Pelayanan publik 67% “baik”, ditinjau dari tersedianya sarana prasarana yang baik 71?ik, bertanggung jawab kepada setiap konsumen sejak awal hingga akhir 66?ik, mampu melayani secara cepat 58% kurang baik, mampu melayani secara tepat 66?ik, mampu berkomunikasi 76?ik. Faktor yang menghambat pelayanan publik yaitu kesadaran 64?rpengaruh, aturan 65?rpengaruh, organisasi 60% kurang berpengaruh, pendapatan 63?rpengaruh, keterampilan petugas 62?rpengaruh, faktor sarana 86% sangat berpengaruh.

URI:
FILE DOWNLOAD - TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA BINA BARU BERBASIS E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI ERA INDUSTRI 4.0