Author : Erfina
Abstrak:
Kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Desa Maddenra
Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang
memengaruhi kompetensi sumber daya manusia di Kantor Desa Maddenra Kecamatan Kulo
Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 2.095 orang. Sampel
sebanyak 95 orang. Tehnik penarikan Sampel yang digunakan adalah PUrpossive Sampling. Tipe
penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Tehnik analisis data yang digunakan adalah
statistic deskriptif dan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Kompetensi Sumber Daya Manusia di Kantor Desa Maddenra dengan persentase 58,16?rada
pada kategori kurang baik. Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Desa Maddenra dengan persentase
58,30?rada pada kategori kurang baik. Berdasarkan nilai t hitung > t tabel atau 9,855 > 1,989
H0 ditolak yang artinya Kompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh signifikan terhadap
Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Desa Maddenra Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng
Rappang dengan Sumbangan Persentase pengaruh sebesar 51,1%. Faktor-faktor yang
memengaruhi Kompetensi Sumber Daya Manusia: a. Faktor Internal: 1) Pegawai dalam peningkatan
kemampuan pelayanan 58%. 2) Kemampuan pegawai dalam mengantisipasi keluhan masyarakat
59%. 3) Peningkatan Pegawai dalam penggunaan komputer 56%. b. Faktor eksternal: 1) Sikap
Pemerintahan terhadap dukungan sumber daya manusia 59%. 2) keterlibatan masyarakat dalam
peningkatan pelayanan 57% 3) pelatihan pegawai untuk mendukung pengembangan tekhnologi
51%. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi
Kompetensi Sumber Daya Manusia di Kantor Desa Maddenra dengan persentase 56,67?rada
pada kategori kurang baik.