Author : Jamaluddin Ahmad
Abstrak:
Pandemi Covid19- benar-benar telah mendisrupsi segala aspek kehidupan manusia,
termasuk dunia pendidikan. Adanya pembatasan sosial, jaga jarak fisik, bekerjabelajar-beribadah di rumah adalah sejumlah kebijakan yang membuat tata kelola
dan layanan pendidikan tinggi juga harus berubah. Tiba-tiba semuanya mau tidak
mau harus dijalankan secara daring (online) termasuk dalam hal pembelajaran.
Jika sebelumnya pelaksanaan pendidikan jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran
daring memiliki sejumlah regulasi pelaksanaan beserta persyaratannya, pandemi
Covid19- telah membuat regulasi itu menjadi tidak relevan. Di masa pandemi
ini tanpa pandang bulu semua perguruan tinggi tak memiliki pilihan selain harus
menerapkan pembelajaran daring bagi mahasiswa, jika tidak maka mahasiswa akan
kehilangan haknya untuk mendapatkan pembelajaran karena tidak ada opsi lain selain
pembelajaran daring guna mencegah penyebaran virus Covid19- jika pembelajaran
tatap muka masih terus dilakukan.
Kondisi disrupsi dunia pendidikan ini tentu membuat pengelola perguruan tinggi,
termasuk dosen, menjadi kelimpungan dan gelagapan. Bagaimana tidak, zona
nyaman dengan pembelajaran tatap muka yang rutin dilaksanakan tiba-tiba harus
bertransformasi menjadi pembelajaran daring secara tiba-tiba dan tanpa persiapan.
Semua harus merespons situasi secara cepat dan tepat agar tidak merugikan
stakeholder pendidikan tinggi.
Alhamdulillah, kehadiran buku “Pembelajaran Daring PTMA di Masa Pandemi Covid-
3 Pembelajaran Daring PTMA
di Masa Pandemi Covid-19
19†ini adalah sebuah oase di tengah kegalauan dan ketidakpastian situasi pandemi.
Buku ini adalah saksi bahwa Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (PTMA)
merupakan institusi pendidikan yang responsif dan transformatif terhadap segala
perubahan, termasuk menghadapi situasi pandemi Covid19-. Pimpinan, dosen, dan
tenaga kependidikan PTMA adalah aktor-aktor di pendidikan tinggi Indonesia yang
tetap senantiasa menjalankan pendidikan berkualitas dalam semua situasi, termasuk
di masa pandemi ini. Pesan lain dari kehadiran buku ini juga jelas, bahwa tak perlu
mengutuk situasi pandemi Covid19-, karena selalu ada hikmah yang Allah Swt. berikan
pada setiap musibah. Maka mari jadikan situasi pandemi ini menjadi momentum
transformasi pendidikan tinggi dalam meningkatkan mutu dan menciptakan
inovasi-inovasi baru dalam layanan tridharma perguruan tinggi, khususnya di bidang
pembelajaran berbasis teknologi informasi.
Akhir kata, kami mengucapkan selamat atas penerbitan buku ini yang sekaligus juga
URI:
FILE DOWNLOAD - Pembelajaran Daring PTMA di Masa Pandemi Covid-19