Research Repository


LITERASI DIGITAL DAN PROSES PEMBELAJARAN: STUDI PENGGUNAAN GAME ONLINE DAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA DAN MAHASISWA

Author : Jamaluddin Ahmad



View / Open
TURNITIN RESULT'S
PEER REVIEW

Date:
08-01-2023

Author:
Jamaluddin Ahmad

Abstrak:
ABSTRAK Milenial dan generasi Z cenderung mengalami dampak negatif dari game online dan media sosial, sehingga diperlukan literasi digital dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan intensitas penggunaan game online dan media sosial serta pengaruhnya terhadap proses pembelajaran. Pentingnya intervensi perlindungan siswa dan mahasiswa melalui literasi digital. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan pada subjek penelitian milenial dan generasi Z yang diberikan pilihan proses pendidikan menggunakan produk umpan. Berdasarkan temuan studi tersebut, responden rentan terhadap decoy effect akibat game online dan media sosial, sehingga membutuhkan literasi digital sejak dini. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi bagi pemahaman masyarakat dan pemberian saran atau kritik, serta perumusan kebijakan perlindungan, khususnya dalam proses pembelajaran. Implikasinya, pentingnya perlindungan siswa dan mahasiswa memiliki literasi digital dalam proses pembelajarannya.

URI:
FILE DOWNLOAD - LITERASI DIGITAL DAN PROSES PEMBELAJARAN: STUDI PENGGUNAAN GAME ONLINE DAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA DAN MAHASISWA