Author : Jamaluddin Ahmad
Abstrak:
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana kualitas pelayanan publik mampu menjamin pembangunan keagamaan berkelanjutan. Desain penelitian kualitatif sebagai metode penelitian dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menggunakan Computer Assisted Qualitative Data Analysis Software (CAQDAS) yaitu Nvi. 12 Plus Perangkat Lunak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pemberian insentif dan pengawasan tahfidz Qur'an di bagian kesejahteraan rakyat sekretariat kabupaten sidenreng rappang masih rendah. Dimensi berwujud (direct evidence), dimensi empati (empathy), dimensi keandalan (reliability), dimensi daya tanggap (responsiveness) dan dimensi jaminan (guarantee). Masih terdapat dimensi yang perlu ditingkatkan kualitas pelayanannya antara lain Dimensi Pembuktian Langsung (Tangible), Dimensi Empati (Empati) dan Dimensi Kepastian (Assurance). ). Sedangkan dimensi Reliability dan Responsiveness dinilai sangat baik dan mampu memberikan pelayanan yang memuaskan kepada penerima insentif. Pembangunan keagamaan berkelanjutan hanya bisa dijamin bila pelayanan publik berkualitas sesuai dengan persepsi yang dilayani.