Author : Abdul Jabbar
Abstrak:
Penelitian ini termasuk penelitian survei yang bertujuan untuk mengetahui
gambaran tentang pengaruh Penalaran Moral Remaja Terhadap Perilaku Belajar
Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII MTs Ma’arif Panaikang Kabupaten
Bantaeng. Penelitian ini melibatkan dua variabel yakni variabel bebas adalah
Penalaran Moral Remaja sedangkan variabel terikat adalah perilaku belajar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif
Panaikang Kabupaten Bantaeng yang berjumlah 85 orang. Oleh karena jumlah
populasi kurang dari 100 maka seluruh populasi peneliti jadikan sebagai sampel.
Untuk memperoleh data tentang penalaran moral remaja, penelitian ini menggunakan
instrumen skala penalaran moral remaja dan skala perilaku belajar . Teknik analisis
data yang digunakan yaitu statistik deskriptif untuk menjawab rumusan masalah
pertama dan kedua serta statistik inferensial dengan menggunakan regresi sederhana
untuk menjawab rumusan masalah ketiga atau untuk pengujian hipotesis.
Hasil analisis penalaran moral remaja diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,84
dengan kategori sedang. Dari 85 sampel diperoleh nilai terendah 58,00, nilai tertinggi
96,00, sedangkan untuk perilaku belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,19 . Dari
85 sampel diperoleh nilai tertinggi 80,00 dan nilai terendah adalah 53,00.
Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial (Regresi Sederhana) diperoleh
persamaan regresi yaitu ?=50,931 + 0,191X. Hasil analisis statistik inferensial
dengan uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (7,632 > 3,94), sehingga Ho
ditolak dan Ha diterima yang berarti penalaran moral remaja berpengaruh terhadap
Perilaku Belajar Siswa Dalam Mata Pelajara Biologi Kelas VIII MTs Ma’arif
Panaikang Kabupaten Bantaeng dengan sumbangsi sebesar 8.4%.