Author : Abdul Jabbar
Abstrak:
Pergi haji merupakan kewajiban bagi umat Islam karena merupakan
bagian dari rukun islam, jadi setiap manusia yang beragama islam wajib
hukumnya untuk menjalankan ibadah haji, dalam upaya memberikan solusi
perbankan Syariah, BNI Syariah menawarkan sebuah produk yakni tabungan
BNI Baitullah IB Hasanah adalah tabungan khusus Haji dan Umrah dengan
prinsip Mudharabah (Bagi Hasil) atau Wadiah (Titipan) sesuai dengan
kemampuan dan jangka waktu pemberangkatan yang terencana, upaya
menawarkan sebuah produk kepada masyarakat, BNI Syariah memiliki
strategi yang digunakan agar masyarakat bias mengenal dan menerima
produk yang ditawarkan, strategi yang diterapkan oleh BNI Syariah dalam
memasarkan produk Baitullah IB hasanah dengan teori Marketing Mix
dengan untsur 4P yakni, Produk, Harga, Promosi, dan Tempat.
Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana BNI Syariah dalam
memasarkan produk tabungan Baitullah IB Hasanah, serta apa saja yang
menjadi faktor penghambat dalam memasarkan produk Baitullah IB
Hasanah, untuk meningkatkan penjualan produk tabungan Baitullah IB
Hasanah, BNI Syariah lebih condong menggalakan promosi dengan cara
membangun Komunikasi baik dengan nasabah BNI Syariah yang belum
memiliki tabungan Baitullah IB Hasanah, mengikuti pameran-pameran untuk
mengenalkan produk Baitullah IB Hasanah kepada calon nasabah, serta
melakukan gimmick kepada calon nasabah