Author : Kamaruddin Sellang
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kinerja karyawan dalam pelayanan jasa pemberian kredit gadai pada Kantor Pegadaian Unit Pelayanan Cabang Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan pelayanan jasa pemberian kredit gadai sebanyak 97 orang dan menggunakan sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, Kuisioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan tabel frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas kinerja karyawan dalam pelayanan jasa pemberian kredit gadai pada Kantor Pegadaian Unit Pelayanan Cabang Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang sudah baik dengan rata-rata persentase sebesar 85, 25%. Sedangkan faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan jasa pemberian kredit gadai pada Kantor Pegadaian Unit Pelayanan Cabang Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang sudah baik dengan rata-rata persentase sebesar 80, 08% dilihat dari prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana dan kompetensi petugas.