Research Repository


KUALITAS PELAYANAN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM PANRENG KECAMATAN BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Author : Hariyanti Hamid



View / Open
TURNITIN RESULT'S
PEER REVIEW

Date:
04-08-2022

Author:
Hariyanti Hamid

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitaspelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada SPBU Panreng Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang dan untuk mengetahui faktor apa yang paling tinggi pengaruhnya diantara kualitas pelayanan yang meliputi bukti fisik, kehandalan, jaminan, daya tanggap, dan empati terhadap kepuasanpelanggan di SPBU Panreng Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Pendekatan metodepenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli bahan bakar minyak di SPBU Panreng yang diperkirakan dalam sehari ada 250 orang pembeli. Tekhnik sampel yangdigunakan yaitu Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin sehingga menghasilkan 71 sampel. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Datayang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan tekhnik analisis deskriptif kuantitatif dengan bantuan statistik deskriptif dengan menggunakan SPSS 21.0 dan Skala Likert. Dari hasil penelitian dan pembahasan nilai keseluruhan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dinyatakan berpengaruh/signifikan dengan persentase sebesar 55, 1% yang diperoleh dari koefisien korelasi pada tabel model summary. Faktor kualitas pelayanan yang paling tinggi pengaruhnya adalah faktor indikator daya tanggap dengan persentase sebesar 74% yang diperoleh dari hasil akumulasi kuesioner.

URI:
FILE DOWNLOAD - KUALITAS PELAYANAN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM PANRENG KECAMATAN BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG