Author : Ahmad Mustanir
Abstrak:
Permasalahan yang dihadapi oleh Bumdes ‘Padaidi’ antara lain minimnya pengetahuan
dan pemahaman administrasi dan manajemen organisasi yang berdampak pada tidak teraturnya
administrasi dan manajemen organisasi, pemasaran produk unit usaha yang belum maksimal,
penguasaan teknologi informasi yang rendah dalam pelayanan publik. Tujuan secara umum dari
pelaksanaan PKM ini adalah pemanfaatan teknologi informasi dimasa pandemi Covid-19 dalam
pelayanan publik yang less contact sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik
kepada masyarakat dan memberikan nilai tambah secara sosial dan ekonomi bagi kelompok
mitra juga dapat mencegah penularan Covid-19. Solusi yang diberikan untuk membantu
permasalahan kelompok mitra : (1) Penyuluhan dan pendampingan tentang administrasi dan
manajemen organisasi; (2) Workshop dan pendampingan tata kelola dengan metode Participatory
Rural Appraisal (PRA); (3) Pelatihan dan pendampingan penggunaan teknologi informasi dengan
penggunaan Aplikasi SIBERAS dan Bumdes Store; (4) Pembuatan Aplikasi SIBERAS dan
Bumdes Store. Dari kegiatan ini maka diperoleh hasil tersusunnya rencana program-program
kerja Bumdes sesuai jadwal yang telah ditentukan, meningkatnya pengetahuan dan
keterampilan anggota dalam penggunaan aplikasi pemasaran dengan menggunakan teknologi
informasi (e-commerce) sehingga membantu pencegahan dan penularan Covid-19 karena less
contact dan pelayanan publik dapat terus dilakukan oleh Bumdes ‘Padaidi’ dan Pemerintah Desa.