Research Repository


Implementasi Peran Public Relation Dalam Membangun Reputasi PT Cakrawala Dinamika Energi

Author : Erfina



View / Open
TURNITIN RESULT'S
PEER REVIEW

Date:
07-10-2023

Author:
Erfina

Abstrak:
peran strategis Public Relations (PR) dalam membangun reputasi yang kuat bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi peran public relation dalam membangun reputasi PT Cakrawala Dinamika Energi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori peran public relations (Cutlip 2002 : 46) yang terdiri dari empat peran yaitu : Teknisi komunikasi, expert presciber, fasilitator komunikasi, dan fasilitator pemecah masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat peran public relations yang mendukung implementasi peran public relations dalam membangun reputasi PT Cakrawala Dinamika Energi yaitu pertama peran public relations sebagai teknisi komunikasi adalah membangun komunikasi yang baik antara publik, internal, eksternal dan mitra perusahaan, hal ini penting untuk mencegah dampak buruk pada reputasi perusahaan jika terjadi permasalahan. Kedua, peran public relations sebagai expert presciber adalah berhubungan dengan departemen public relations yang terstruktur untuk komunikasi dengan masyarakat jika ada masalah. Ketiga, peran public relations sebagai fasilitator komunikasi adalah sebagai perantara yang menjaga arus komunikasi dua arah antara perusahaan dan publiknya, termasuk internal dan eksternal. Dan Keempat, fasilitator pemecah masalah dalam public relations harus paham kebijakan, produk, dan prosedur perusahaan. Strategi komunikasi yang tepat diperlukan agar masalah memiliki solusi tanpa menyakiti perasaan siapapun.

URI:
FILE DOWNLOAD - Implementasi Peran Public Relation Dalam Membangun Reputasi PT Cakrawala Dinamika Energi