Author : Erfina
Abstrak:
peran strategis Public Relations (PR) dalam membangun reputasi yang kuat bagi
perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi peran public relation
dalam membangun reputasi PT Cakrawala Dinamika Energi. Jenis penelitian yang digunakan
yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori peran public relations (Cutlip 2002
: 46) yang terdiri dari empat peran yaitu : Teknisi komunikasi, expert presciber, fasilitator
komunikasi, dan fasilitator pemecah masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
empat peran public relations yang mendukung implementasi peran public relations dalam
membangun reputasi PT Cakrawala Dinamika Energi yaitu pertama peran public relations
sebagai teknisi komunikasi adalah membangun komunikasi yang baik antara publik, internal,
eksternal dan mitra perusahaan, hal ini penting untuk mencegah dampak buruk pada reputasi
perusahaan jika terjadi permasalahan. Kedua, peran public relations sebagai expert presciber
adalah berhubungan dengan departemen public relations yang terstruktur untuk komunikasi
dengan masyarakat jika ada masalah. Ketiga, peran public relations sebagai fasilitator
komunikasi adalah sebagai perantara yang menjaga arus komunikasi dua arah antara
perusahaan dan publiknya, termasuk internal dan eksternal. Dan Keempat, fasilitator
pemecah masalah dalam public relations harus paham kebijakan, produk, dan prosedur
perusahaan. Strategi komunikasi yang tepat diperlukan agar masalah memiliki solusi tanpa
menyakiti perasaan siapapun.